JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Depok  --  Kementerian Pertanian mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Revaluasi BMN dengan mengusung tema “Rakor Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Revaluasi BMN"  selama 2 hari,  21-22 Maret 2019 di Hotel Margo, Depok. Rakor dihadiri oleh 517 peserta yang terdiri dari eselon I 33 orang, wilayah 66 orang, satker 400 orang, 15 orang Biro Pusat.

Ir. Fuadi, MM, (Panitia Biro OK),  dalam laporannya menyampaikan  bahwa tujuan pertemuan ini merupakan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK  RI Nomor : 119/XV/12/2018 tanggal 12 desember  2018 yang belum menerima hasil revaluasi BMN Kementan Tahun 2017-2018 senilai 85 T  dengan rekomendasi : " agar mengeluarkan BMN dari Neraca dan melakukan revaluasi ulang BMN" Kegiatan ini juga dimaksud kan untuk memperoleh keterpaduan langkah dalam rangka kelancaran pelaksanaan revaluasi ulang  antara satker, DJKN/KPKNL,  Wilayah dan Tim Itjen.

Semntera Sekretaris Jenderal, (Ir. Syukur Iwantoro,MM, MH),  menyampaikan bahwa utk revaluasi ulang ada 4 aspek yang direval yaitu bangunan, tanah, jaringan dan jalan. 4 Aspek ini menjadi target dikarenakan reval ulang : a) Potensi perubahan nilai yang signifikan, b) Jumlah unitnya sedikit tetapi nilainya signifikan, dan c) Underline dari asset BMN.

 Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal menambahkan Rekomendasi BPK atas revaluasi ulang BMN karena : 1). Mekanisme pengendalian atas penilaian kembali BMN/ revaluasi yang tidak memadai, 2). Penilaian dan verifikasi data BMN yang tidak memadai karena tidak jelas/tidak sesuai dengan quality insurence dan quality control, 3). Formulir pendataan revaluasi yg disampaikan satker ke KPKNL tidak sesuai dengan hasil pemeriksaan BPK RI dilapangan, 4). Tidak lengkapnya data pendukung sehingga ada perbedaan data SIMAN dan hasil Penilaian/Revaluasi, 5). Nilai pembanding sebagai nilai dasar tidak sesuai, 6). Form revaluasi satker harus disampaikan ke KPKNL paling lambat tanggal 16 april 2019, dan wajib direview oleh Tim Irjen, jika satker sudah melakukan inventarisasi dan penilaian selanjutnya satker bersurat ke Setjen untuk meminta direview oleh tim Itjen, 7). Tim Itjen akan melaksanakan review paling lambat 8 hari sebelum data revaluasi satker diserahkan ke KPKNL .

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi –materi dengan narasumber dari Direktur BMN, DJKNL, Direktur Penilaian, Inspektorat Jenderal, kepala Biro KP. Dengan materi : Hasil reval BMN 2017-2018 dan tindak lanjutnya, tata cara pengisian form pendataan revaluasi BMN, langkah strategi pelaksnaan reval BMN, langkah-langkah revaluasi BMN 2019. Dan di hari ke 2 disampaikan materi arahan pelaksanaan teknis revaluasi BMN, rencana koordinasi pelaksanaan reviu revaluasi BMN, pembagian target dan jadwal revaluasi BMN 2019, jadwal pelaksanaan reviu reval BMN 2019, pelakaanaan monitoring, verifikasi, dan review.