JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – (Kamis, 14/03/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara panen duku di kawasan Condet, Jakarta Timur. Anies datang dan mengikuti kegiatan memetik duku di Cagar Buah Condet (CBC). Dia memuji rasa buah duku Condet serta keberadaan CBC di Jakarta. “Seperti tidak berada di Jakarta.  Diantara akar-akar beton ada akar-akar duku dan salak”. Selain itu, Anies berharap duku dan salak Condet dapat terus dilestarikan sehingga Jakarta memiliki buah yang khas. Terlebih lagi, Anies berharap CBC dapat menjadi lokasi wisata alam serta pendidikan bagi anak-anak.

Hasil panen Duku dan Salak Condet di Cagar Buah Condet (CBC)Jakarta Timur belum dipasarkan untuk umum. "Saya belum menjual ini untuk di pasaran. Kita manfaatkan tetap untuk PJLP (penyedia jasa lainnya perorangan) yang mengelola dan masyarakat sekitar. Karena tujuan kami hanya untuk melestarikan agar tidak punah. Tapi nanti jika hasil panennya banyak tidak menutup kemungkinan untuk di jual. Tapi untuk saat ini belum. Kami hanya kasih tokoh-tokoh masyarakat sini," jelas Darjamuni, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

BPTP Jakarta beserta Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian pada tahun 2016-2018 telah bersinergi melakukan upaya pelestarian duku condet melalui pendaftaran duku condet sebagai varietas tanaman lokal Jakarta.  September 2018, duku condet telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) sebagai varietas lokal Jakarta dengan tanda daftar nomor 618/PVL/2018.

Dalam arahannya, Anis menekankan untuk mengembangkan duku condet serta cagar buah condet. “Tanggung jawab kita bukan hanya merawat, tapi mengembang. Karena merawat hanya akan menjadi museum bagian dari masa lalu.  Tetapi dengan mengembangkan, akan terus lestari dan bermanfaat.”  Selain itu, Anis juga mengarahkan untuk mencari terobosan-terobosan yang inovatif agar cagar buah condet menjadi tempat yang unik, salah satu lokasi pilihan “cultural tourism” dengan nuansa yang berbeda.