JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pulau Seribu -- Sejak tahun 2018 hingga tahun  2019, BPTP Jakarta diamanahkan untuk melaksanakan kegiatan KP4S (Kerjasama Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Stategis) yang bertempat di Pulau Tidung Besar dan Pulau Payung, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka untuk mewujudkan kemandirian pangan, meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Seribu. 

Untuk sub bidang pasca panen, kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan diversifikasi produk-produk olahan dengan bahan baku berbasis tanaman pangan, sayuran, TOGA dan buah yang telah  di tanam oleh sub bidang budidaya maupun berasal dari tanaman lokal di Kepulaun Seribu. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan diantaranya adalah jagung manis, kangkung, bayam, pokcoy, jahe, bawang merah, terong, pisang, papaya dan semangka.  Tanaman lokal di Kepulauan Seribu adalah sukun yang tumbuh subur di wilayah ini. Sukun oleh masyarakat setempat telah dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan seperti keripik sukun dan kolak sukun. Keripik sukun merupakan camilan yang paling banyak di jual sebagai oleh-oleh di KepulauanSeribu.

Selama ini produk keripik sukun yang dibuat oleh masyarakat masih berbentuk potongan besar serta rasanya original.  Dalam rangka untuk memperkaya produk olahan sukun dilakukan pembuatan stik sukun aneka rasa. Produk stik sukun aneka rasa adalah keripik sukun yang potongannya berbentuk stik, adapun rasa yang ditawarkan adalah rasa keju, coklat dan original. Proses pembuatannya sama seperti pada pembuatan keripik sukun hanya saja potongannya dibua tmenjadi lebih pendek dan kecil.  Selanjutnya stik sukun diberi bubuk perasa keju dancoklat dan rasa rasa original yang menggunakan bawang putih dan garam. 

Produk lainnya dari sukun adalah pempek sukun. Pempek sukun dibuat dengan bahan baku ikan tenggiri dan tepung tapioca serta diperkaya buah sukun yang sudah matang dan empuk. Produk olahan lain adalah manisan jahe yang dibuat dari jahe gajah yang telah dikupas dan dipotong-potong tipis kemudian direbus dalam larutan gula pasir, setelah larutan gula berkurang jahe diangkat kemudian dibalut kembali dengan gula pasir.

Pemanfaatan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung adalah dengan membuat bolu kukus. Sayuran pokcoy dijadikan smotties pokcoy rasa alpukat. Jagung manis dibuat menjadi olahan jagung susu keju (jasuke) rasa manis dan pedas. Rasa  manis ditambahkan keju parut dan krimmer kental manis sedang rasa pedas menggunakan mayonnaise dan saus sambal. Selain itu dari jagung manis juga dibuat pudding jagung lumut, yaitu kombinasi pudding dengan lapisan jagung yang telah dihancurkan.  Olahan dari buah papaya dapat dijadikan manisan papaya kering.

Selain melakuan diversifikasi pada beberapa produk olahan juga dilakukan pelatihan tentang jenis-jenis kemasan dan label kepada Kelompok Wanita Tani.  Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kelompok Wanita Tani dapat memproduksi produk-produk olahan yang telah diajarkan dan dapat menjadikannya sebagai produk oleh-oleh untuk dijual kepada wisatawan yang berkunjung.