JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta - Ibu Rugaiya Usama Wiranto selaku Ketua Bidang 5 atau Bidang Lingkungan Hijau Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) bersama 6 (enam) orang anggotanya yaitu Ibu Mulyani Syafruddin, Ibu Retno Setyowati Mardiasmo, Ibu Martati Amran Sulaiman, Ibu Peggy Enggartiasto Lukita, Ibu Nanik Isrumawati Hadi Tjahjanto dan Ibu Ambarwati Bambang Hendroyono, hari Selasa tanggal 26 Februari 2019 berkenan meninjau lokasi KRPL BPTP Jakarta di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Lingkungan Hijau OASE KK ini adalah kegiatan shooting penyiapan bahan diseminasi cara tanam dan pemanfaatan pekarangan melalui optimalisasi konsep lahan dengan menggunakan konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

 KRPL merupakan salah satu upaya peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan untuk mendukung tercapainya kemandirian pangan. Fokus utama optimalisasi lahan adalah  budidaya tanaman dan kegiatan pertanian lainnya. Tahapan untuk budidaya sayuran dimulai dari penyemaian, penanaman, pemupukan, penyiraman hingga panen. Kegiatan pertanian lainnya dalam optimalisasi lahan antara lain adalah budidaya ternak, ikan dan pembuatan kompos.

OASE KK melakukan shooting cara berbudidaya tanaman di halaman kantor BPTP Jakarta. Shooting kegiatan tersebut meliputi penyemaian, penanaman, penyiraman, pemupukan tanaman sampai panen. Disamping itu OASE KK juga melakukan pengolahan sayuran sederhana berupa smoothie dengan bahan sawi dan pakchoy.  Melalui diseminasi KRPL, OASE KK bersama Kementrian Pertanian berharap agar masyarakat dapat mengadopsi kegiatan tersebut untuk meningkatkan pendapatan serta mewujudkan ketahanan pangan keluarga bagi masyarakat Indonesia. Dengan menerapkan KRPL, baik di pekarangan yang sempit maupun di halaman rumah dan perkotaan, masyarakat dapat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan gizi keluarga sekaligus menghijaukan halaman dan lahan-lahan tidur terutama di perkotaan.

 Sukses selalu untuk OASE KK, lestarikan KRPL dan sejahteralah Indonesia.