JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Kamis, 14 Februari 2019 bertempat di kantor Sudin KPKP Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang berada di Gunung Sahari, Sawah Besar-Jakarta Utara. Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati beserta tim yang hadir disambut baik oleh Ir. Sutrisno, M.Si. selaku Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu. Dalam sambutannya, Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu menyampaikan potensi wilayah di Kepulauan Seribu yang dapat dikembangkan bersama antara Sudin KPKP Kepulauan Seribu dan BPTP Jakarta khususnya teknologi yang dapat diterapkan di Pulau Tidung Kecil. Sutrisno juga menambahkan fokus kegiatan tahun 2019 yaitu pemanfatan lahan-lahan tidur melalui kegiatan penghijauan di RPTRA yang hampir tersebar di setiap kelurahan di Kepulauan Seribu.

Melalui kegiatan ini, Kepala Balai BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati, M.Si. menyampaikan hasil-hasil kegiatan penelitian, pengkajian, dan pengembangan teknologi spesifik lokasi TA.2018 khususnya kegiatan KP4S yang berada di Pulau Payung dan Pulau Tidung yang sudah mencapai 70% yang dimulai pada bulan Mei 2018 dan akan dilanjutkan sampai dengan bulan Mei 2019. Kegiatan KP4S TA.2019 akan difokuskan untuk melanjutkan kegiatan sebelumnya dan melaksanakan bimbingan teknis yang nantinya diharapkan bimbingan teknis juga dapat dilaksanakan oleh sudin KPKP Kepulauan Seribu.

Kegiatan KP4S dilaksanakan di Pulau Payung dan Pulau Tidung dengan menerapkan teknologi yang berbeda sesuai dengan karakteristik wilayahnya. Teknologi yang diterapkan di Pulau Tidung berbasis ruang seperti hidroponik, akuaponik, dan plot plant sedangkan di Pulau Payung berbasis lahan terbuka dengan membuat demplot seluas 1 ha yaitu dengan menerapkan teknologi integrasi pertanian dan peternakan berkonsep zero waste, dengan memanfaatkan biomasa atau limbah pertanian maupun peternakan, sehingga akan lebih ramah lingkungan dan mengurangi eksternal input.

"Kegiatan pendampingan terkait teknologi akan terus dilakukan oleh BPTP Jakarta dengan dukungan fasilitas dan sarana dari sudin dan dinas KPKP maupun pemda terkait untuk pembinaan kelompok melalui fasilitas yg sudah ada, sehingga dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk mencukupi kebutuhan dan meningkatkan pendapatan dalam rangka mencapai kemandirian masyarakat di Kepulauan Seribu", tambah Etty Herawati.

Kegiatan yang diinisiasi oleh BPTP Jakarta bersama Sudin KPKP Kepulauan Seribu dan Pemda terkait mendapat perhatian dan menjadi acuan replikasi kegiatan oleh Pemda di wilayah pulau lain di Kepulauan Seribu. BPTP Jakarta tetap diminta berkiprah bersama Sudin KPKP Kepulauan Seribu untuk membangun pertanian di Kepulauan Seribu.