JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pulau Payung -- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Kerjasama Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Strategis, BPTP Jakarta menyusun Model Pertanian Terintegrasi di Lahan Berpasir untuk Kemandirian Pangan di Kepulauan Seribu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pulau Tidung dan Pulau Payung sejak pertengahan tahun 2018.

Model yang dikembangkan di Pulau Payung adalah Sistem Integrasi Ternak dan Tanaman. Ternak yang diintegrasikan adalah kambing Anpera. Sedangkan tanaman yang dibudidayakan meliputi sayuran buah dan sayuran daun, tanaman obat, pisang, pepaya dan jagung. Kegiatan yang dilaksanakan dalam sistem tersebut meliputi budidaya  tanaman, budidaya ternak, komposting dan pascapanen.

Untuk meningkatkan nilai tambah, Tim Pascapanen hari Senin tanggal 28 Januari menyelenggarakan bimbingan teknik pengolahan hasil yang diperoleh dari hasil budidaya tanaman. Salah satu yang diperkenalkan oleh BPTP Jakarta adalah olahan jahe dan pakcoy menjadi manisan dan smoothies.

Anggota kelompok tani di Pulau Payung, khususnya ibu-ibu yang menjadi peserta bimtek tersebut sangat antusias mengikuti penjelasan nara sumber dan selanjutnya ingin mengembangkan usaha tersebut untuk meningkatkan pendapatan  mereka.

Semoga kegiatan KP4S di Kepulauan Seribu dapat meningkatkan kapasitas dan pendapatan masyarakat di Kepulauan Seribu.