JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta -- Selama sepekan dua anggota Kopassus telah melakukan Magang Pertanian Perkotaan di BPTP Jakarta. Tidak disangka kalo TNI yang mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan, keutuhan dan melindungi segenap bangsa dan negara itu juga sangat luwes dalam melakukan bertanam. Dan ternyata, TNI selain menjalankan fungsi pertempuran juga menjalankan fungsi teritorial yaitu membina ketahanan ideologi, politik dan ekonomi. Sedangkan ketahanan pangan itu sendiri merupakan salah satu aspek ketahanan ekonomi.

Bergabung dengan mahasiswa PKL dari Unsoed, dua orang anggota Kopassus sangat bersemangat belajar dengan dipandu oleh petugas dari BPTP Jakarta. Materi yang dipelajari selama magang meliputi beberapa teknologi pertanian perkotaan yang diantaranya adalah menyemai dan menanam sayuran, wallgarden terpal, pot plant sayuran, aquaponik, budidaya bawang merah, hidroponik, vertikultur talang, komposting, vertikultur peralon dan vermikomposting.

Anggota Kopassus itu menuturkan, ilmu yang didapat sangat bermanfaat untuk bekal dalam mengoptimalkan lahan di sekitar Kopassus dengan bertanam sayuran dan buah-buahan. Dengan masih luasnya lahan disepanjang sungai Ciliwung ini, Kopassus berharap ada pendampingan lebih lanjut dari BPTP Jakarta dalam mengembangkan budidaya tanaman sayuran dan tanaman buah. Selain itu, pengetahuan budidaya sayuran yang didapat juga sangat bermanfaat saat yang bersangkutan bertugas di wilayah perbatasan sebagai bekal pendekatan ke masyarakat disekitar perbatasan.