JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor – Ketergantungan penggunaan tepung terigu masih sangat tinggi. Padahal, ketersediaan tepung yang berasal dari gandum tersebut, masih harus impor dari negara lain. Salah satu upaya untuk mengurangi impor tepung terigu adalah dengan memanfaatkan tepung yang berasal dari umbi-umbian lokal.

Mocaf. Merupakan kependekan dari kata “Modified Cassava Flour “. Atau dalam bahasa Indonesianya disebut juga “Modifikasi Tepung Ketela Pohon”. Merupakan tepung singkong yang telah dimodifikasi dengan perlakuan fermentasi, sehingga menghasilkan tepung dengan karakteristik mirip terigu. Tepung mocaf dapat digunakan sebagai bahan pengganti terigu atau campuran terigu 30% – 100% dan dapat menekan biaya konsumsi tepung terigu 20-30%.

Tepung mocaf dapat diolah menjadi beraneka ragam olahan yang tidak kalah enak dibandingkan tepung terigu. Pada kegiatan Pangan Lokal Fiesta, peneliti pascapanen BPP Jakarta mengikuti bimtek olahan produk pangan local dari umbi-umbian. Dalam bimtek, dipraktekkan proses pembuatan tepung mocaf (dari mulai singkong hingga menjadi tepung), hingga olahannya. Dengan narasumber dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen, tepung mocaf dan ubi jalar dapat disulap menjadi produk panganan yang tidak kalah lezat dengan olahan tepung terigu, seperti mie tepung mocaf, makaroni pasta ubi jalar, croissant pasta ubi jalar, dan pie tepung mocaf.

Dengan maraknya diseminasi diversifikasi pangan, diharapkan ketergantungan akan tepung terigu akan berkurang dan penggunaan produk lokal menjadi lebih familiar bagi masyarakat.