JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kepulauan Seribu -- Tanaman sukun masih banyak ditemui di beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Bahkan, olahan dari buah yang punya kandungan seratnya tinggi serta dapat mengontrol gula dalam darah ini sudah dijadikan oleh-oleh khas dari Kepulauan Seribu. 

BPTP Jakarta melalui Bimtek Diversifikasi Olahan Sukun di Pulau Payung, Kepulauan Seribu, mengenalkan beberapa cara olahan yang berbeda dari sukun kepada kelompok olahan dari Pulau Payung dan Pulau Tidung. Pelatihan pembuatan Stick Sukun dan Empek empek Sukun. Produk-produk tersebut diolah dari sukun segar dengan cara yang mudah dan hanya menggunakan peralatan sederhana. Hal ini dapat menjadi peluang bagi kelompok olahan untuk menyajikan olahan sukun dalam bentuk lain, mengingat Kepulauan Seribu merupakan salah satu dari 10 destinasi domestik Unggulan yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

Keripik sukun saat ini telah diproduksi oleh kelompok olahan di Kepulauan Seribu, diantara di Pulau Payung dan Pulau Tidung Besar, namun masih perlu sentuhan teknologi baik pada kemasan maupun kualitas produk. Stick sukun dengan berbagai rasa dapat menambah variasi olahan sukun dari yang sudah ada saat ini, seperti keripik sukun. Demikian pula dengan empek empek sukun. Penggunaan sukun segar selain untuk mendapatkan cita rasa juga untuk menggantikan penggunaan sebagian tepung tapioka. Komposisi yang tepat terhadap bahan-bahan penyusunnya akan menghasilkan tekstur yang baik dan rasa yang enak. Selain komposisi bahan yang tepat, proses pembuatannya perlu diperhatikan untuk mendapatkan tekstur yang empuk sehingga dapat bersaing dengan produk sejenisnya.

Untuk melengkapi kegiatan pengolahan sukun, dilakukan uji persepsi kooperator olahan terhadap teknologi yang telah diajarkan dalam bimtek diversifikasi olahan sukun. Diharapkan melalui Bimtek ini dapat meningkatkan daya tarik dan daya jual terhadap produk olahan sukun di Kepulauan Seribu. Tentunya perlu dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan harapan tersebut, baik itu dari pemda setempat, masyarakat, maupun BPTP Jakarta sebagai pendamping teknologi. Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan KP4S di Kepulauan Seribu.