JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, (2/10/2018), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta tengah menyiapkan kegiatan Tanam  Bersama di Kelompok Tani Karang Tengah Jaya yang berlokasi di  Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan Tanam Bersama dilaksanakan dalam rangka pendampingan komoditas strategis dan mempercepat pencapaian luas tanam di Ibukota Negara.

Kegiatan tanam padi bersama tersebut, merupakan sarana penderasan inovasi teknologi budidaya padi Jarwo Super. Salah satu komponenya adalah penggunaan alat   jarwo  transplanter. Melalui  sistem tanam jajar legowo, akan terjadi  peningkatan populasi tanaman  per satuan luas, perluasan pengaruh tanaman pinggir dan lebih mudah dalam pemeliharaan tanaman.  Dengan jarwo 2:1 populasi akan meningkat menjadi 213.333 rumpun/ha atau meningkat sebesar 33,3% dibandingkan dengan sistem tegel.

Persiapan tanam bersama diawali dengan pembibitan padi dengan sistem dapog yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Dapog yang sudah berumur kurang lebih 2 mingguan,  nantinya  akan ditanam dengan menggunakan jarwo transplanter 2:1 pada kegiatan bimtek  menjelang beberapa hari kedepan. Persiapan tanam tidak hanya pada pembibitan, akan tetapi dilakukan juga  pengujian status hara tanah melalui PUTS  untuk mengetahui rekomendasi kebutuhan penggunaan pupuk pada lahan yang akan ditanami.

Harapannya dengan penggunaan  alat transplanter dapat  menjadi solusi bagi perani dalam mengatasi kelangkaan dan besarnya biaya tenaga kerja saat pindah tanam.