JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pengembangan pertanian perkotaan tidaklah mudah. Salah satu kendala utama yang  dihadapi adalah lahan pertanian terutama sawah yang semakin berkurang, sedangkan hakikatnya masyarakat terutama di perkotaan membutuhkan pangan khususnya beras sebagai sumber bahan pangan pokok. Salah satu solusi untuk mengoptimalkan produksi di tengah keterbatasan lahan yang ada adalah dengan melakukan optimalisali lahan melalui aplikasi teknologi.

BPTP Jakarta dalam rangka pendampingan komoditas padi di wilayah DKI Jakarta mengintroduksi teknologi penanaman padi dengan metode Jajar legowo super, yang salah satu komponen teknologinya adalah penggunaan mesin transplanter pada saat penanaman (8/10/2018). Introduksi teknologi akan dilakukan di kelompok tani Karang Tengah Jaya, Kecamatan Cilincing, Kelurahan Rorotan Jakarta Utara. Diskusi tentang penentuan petani dan lokasi lahan sawah sebagai tempat percontohan telah dilakukan dan selanjutnya akan dilakukan bimbingan teknis dan aplikasi teknologi kepada petani.

Mesin transplanter adalah mesin otomotis penanam padi yang digunanakan untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan terlebih dahulu pada tempat tertentu, yang dikenal dengan sebutan “ Dapog”. Mesin ini dirancang ringan dan dilengkapi dengan alat pengapung. Penggunaan mesin transplanter sangat penting dalam pengelolaan pertanian modern, terlebih di wilayah perkotaan yang minim lahan dan minim tenaga kerja pertanian. Penggunaan mesin transplanter memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah menghemat biaya tanam khususnya biaya tenaga kerja dan menghemat waktu tanam, serta mempermudah pengaturan  dan penyeragaman jarak tanam.

Berdasarkan hasil wawancara dengan petani di lokasi, biaya tanam padi yang harus dikeluarkan petani sejumlah Rp.1.500.000/ha. Penggunaan mesin Transplanter atau Mesin tanam bibit padi diharapkan dapat menjadi solusi tingginya biaya tanam dan diharapkan dapat menghemat waktu tanam serta meningkatkan produktivitas padi yang dihasilkan sehingga dapat mengoptimalkan pendapatan yang diperoleh oleh petani Urban. Pendapatan sektor pertanian yang optimal diharapkan akan menarik minat masayarakat untuk kembali ke sektor pertanian .