JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Lembang -- Dua minggu sebelum pelaksanaan spekta horti yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 20-23 September 2018,   team BPTP Jakarta  yang di pimpin langsung ka Balai, Ir. Etty Herawati, M. Si. melaksanakan penataan tanaman di lokasi Balitsa Lembang Bandung Jawa Barat, Penataan lokasi lahan ini di ikuti seluruh staf dari BPTP Jakarta baik itu KSPP, Penyuluh, Peneliti, TU dan Teknisi.  Mereka saling bahu membahu dalam kegiatan ini, semua punya perannya masing masing yang di kerjakan hingga pekerjaan ini dapat terlaksana dengan baik.

Dari luasan lahan keseluruhan yang di berikan ke BPTP Jakarta untuk di olah dan di tata dan bekerja sama juga dengan BPTP  Jawa Barat  serta dari BB2TP Bogor, Lahan yang seluas 700 m2 di bagi menjadi 3 Strata, masing masing strata mengusung model yang saling terintegrasai  seperti Bioindustri.  Model Urban farming yang  di terapkan dalam spekta horti ini berbahan tanaman dari jakarta langsung dan sebagian berasal dari BPTP Jabar.

Strata Satu,  dengan luasan kurang dari seratus meter mengusung model gazebo, di depan rumah dengan tanaman pot gantung, batas pagar antar strata Dua, berpagar verikultur paralon dan vertikultur talang, diselipkannya tabulampot  dan tanaman pagar pohpohan, akan terlihat kesejukannya dari strata satu ini bertujuan  bahwa rumah dengan halaman yang sempit  dapat di manfaatkan baik itu  tanaman vertikultur  buat sayur di rumah, maupun pohpohan untuk lalaban.

Strata Dua, dengan luasan lebih dari seratus meter meter  desain vertiminaponik , vertikultur sayuran juga  tabulampot di variasikan dengann wallgerning tanaman pot bunga yang indah, hal ini menunjukan selain tanaman ada tambahan nya yaitu ikan dan bunga yang di hasilkan dari vertiminaponik dan wagerdening  pot bunga.

Setrata tiga, di atas tiga ratus meter  mengusung peternakan dengan adanya kandang kelinci  beserta kelincinya yang tertata rapih serta vermikompos cacing di sampingya, selain itu juga ada Wollkaponik, veriminaponik dan hidioponik daun saledri, pagarnya dari tanaman katuk.  Ini menunjukan urbanfarming yang lengkap dengan model Bioindustri dimana sayuran pagar dapat langsung di masak, sisanya dapat diberikan baik ke vermikompos yang akan menghasilkan kompos sebagian dapat diberikan ke kelinci dan ikan di kolanm vertiminaponik, semua saling terintegrasi, baik budidayanya, komposting, ternaknya, ikan serta olahan pasca panen.

Semoga kegiatan spekta horti  ini dapat mengajak masyarakat untuk bertanam di lahan yang sempit dan bermanfaat dan tidak ada lagi alasan untuk tidak bertanam....Semangaaaaaat....