JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor -- Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor  melalui kegiatan  Bogor Agro Science Techno Park (BASTP) mengadakan Bimbingan Teknis Pengolahan Sampah Rumah Tangga dan Hidroponik (pembuatan pupuk AB Mix),  dengan narasumber peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta, Novi Anisatun Rokhmah, SP. dan Ikrarwati, SP., M.Si. Kegiatan  dilaksanakan pada Rabu (14/08/2018).

Pengolahan sampah rumah tangga dapat dilakukan melalui teknologi pengomposan sampah organik dan kompos cacing (vermikompos). Kedua materi ini disampaikan oleh Ikrarwati, SP., MP. Disampaikan dalam bimtek, rumah tangga menghasilkan sampah yang potensial untuk dijadikan pupuk organik. Hal tersebut dapat mengurangi jumlah limbah yang ada. Dijelaskan oleh Ikrarwati, pupuk organik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan pupuk kimia. Diantaranya, produk pangan yang dihasilkan lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Di tempat terpisah, Novi Anisatun, SP. mengajarkan bagaimana cara membuat pupuk AB Mix untuk budidaya tanaman menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik kini sedang diminati oleh masyarakat. Pupuk AB Mix sendiri merupakan sumber nutrisi yang digunakan untuk hidroponik. Nutrisi tersebut diformulasikan khusus dari garam-garam mineral yang larut dalam air. Tidak hanya itu, nutrisi tersebut mengandung pula unsur-unsur hara penting yang diperlukan tanaman bagi pertumbuhannya. Nutrisi ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian A dan bagian B.

Pupuk A yang terdiri dari Kalsium Nitrat, potassium Nitrat dan Fe-EDTA. Sementara pupuk B yang terdiri dari Potasium dihidroFosfat, Ammonium Sulfat, Potassium Sulfat, Magnesium Sulfat, Cupri Sulfat, Zinc Sulfat ,Asam Borat, Mangan Sulfat dan Ammonium Hepta Molibdat. 

Cara penggunaan pupuk AB Mix  sangat mudah. Dalam  penggunaanya, bagian-bagian tersebut dicampur terdahulu sebelum diaplikasikan. Sebelum  dicampur, larutkan pupuk A dan pupuk B ke dalam air secara terpisah. Jangan campur larutan A dan B sekaligus karena akan terjadi pengendapan. Untuk lebih memantapkan teori yang didapat, peserta melakukan praktek pembuatan pupuk AB Mix. 

Diharapkan setelah mengikuti bimtek, peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat.