JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas penyuluh dan diseminasi inovasi pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Media Penyuluhan Berbasis Media Cetak. Bimtek kali menghadirkan narasumber dari BPTP Jakarta sendiri, Sheila Savitri, S.Sos.  Hadir seagai peserta para penyuluh yang berasal dari Dinas dan Suku Dinas KPKP di setiap wilayah DKI Jakarta, Penyuluh Swadaya, serta Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta.

Bimtek yang dilaksanakan pada Kamis (9/08/2018) di Ruang Rapat BPTP Jakarta ini, dibuka oleh Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati, M.Si. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa media cetak merupakan salah satu media penyebaran informasi teknologi pertanian. Dengan demikian para penyuluh juga harus membekali diri dengan ilmu tentang bagaimana membuat media informasi berbasis  media cetak yang menarik.

Lebih lanjut Kepala Balai menambahkan dengan adanya bimtek media cetak  ini,  secara tidak langsung para penyuluh mendapatkan informasi-informasi  teknologi  pertanian, baik dari BPTP Jakarta, Badan litbang Pertanian, maupun Kementerian pertanian agar lebih cepat sampai ke masyarakat.

Sheila savitri, (Narasumber) memaparkan bahwa penyuluh harus mengikuti perubahan zaman yang berbasis teknologi. Media penyuluhan akan efektif jika disajikan tidak saja informatif tetapi juga menarik. Dengan demikian, media cetak  menjadi salah satu media diseminasi yang dapat diandalkan.

Pemaparan tentang penyusunan media penyuluhan berbasis media cetak ini kemudian diikuti dengan praktek pembuatan media penyuluhan secara online dan offline. Hasil kerja para peserta tersebut kemudian didiskusikan bersama, sehingga para peserta memahami bagaimaa mensiasati tata letak yang tidak saja bai tetapi juga menarik.

Didi Setiabudi, (Penyuluh DKPKP) berharap ilmu dari pelatihan ini bisa diaplikasikan dan disebarkan kepada personil yang lain di lingkungan kerjanya, sehingga pelatihan tidak hanya untuk diri sendiri, mengingat peserta yang hadir umumnya adalah perwakilan setiap wilayah. Beberapa hasil bimtek yang diselenggarakan BPTP Jakarta telah diterapkan dan dirasakan manfaatnya. Diharapkan BPTP Jakarta terus mengadakan kegiatan serupa, baik itu secara mandiri ataupun bekerja sama dengan instansi lain (Pemda) dimana materinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini.