JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta, 8 Agustus 2018 kelompok tani Karang Tengah Jaya Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara mengadakan pertemuan anggota. Dalam acara pertemuan yang rutin dilaksanakan sebulan sekali tersebut dihadiri lebih dari 30 orang terdiri dari Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta, Penyuluh Wilayah Jakarta Utara, Penyuluh Swadaya, POPT Jakarta Utara, dan anggota kelompok tani itu sendiri. Pertemuan ini diawali dengan penyampaian program dari Dinas KPKP DKI Jaya terdiri dari: Program pemanfaatan pekarangan/lahan sempit (Gang Hijau); Program peningkatan produktivitas padi; dan Program pupuk bersubsidi yang akan dilaksanakan di poktan Karang Tengah Jaya.

Tujuan pertemuan ini selain menyampaikan program Dinas KPKP tersebut  juga untuk mendiskusikan kegiatan-kegiatan kelompok tani yang selama ini sedang berlangsung antara lain bertanam padi menggunakan varietas Inpari 30, 31, 32, dan Inpari 33, serta berternak itik petelur dan itik pedaging. Anggota kelompok tani Karang Tengah Jaya berjumlah 30 orang yang diketuai oleh Bapak Umar Jaya hingga saat ini masih memelihara itik namun pelaksanaannya tetap mengikuti PP No 4 Tahun 2007 yaitu lokasi pemeliharaan itik berjarak lebih dari 50 meter dari pemukiman. Pada pertemuan ini dibahas juga tentang saluran air yang selama ini masih mengalami kendala, karena belum mempunyai embung dan saluran teknis sehingga bila musim hujan sawah akan terendam air sedangkan pada musim kemarau mengalami kekeringan.

Pada pertemuan ini BPTP Jakarta akan memfasilitasi penyelesaian tentang saluran air sawah ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung- Cisedani dengan PU. Jika saluran air di wilayah Karang Tengah bisa berjalan lancar maka sebanyak 45 hektar sawah akan teraliri dengan rutin dan secara langsung dapat meningkatkan produktivitas padi.