JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Penyuluh, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Media Penyuluhan Berbasis Audio Visual Mendukung Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Diseminasi Inovasi Pertanian, dengan narasumber berasal dari Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Wahyu Indarto.  Bimbingan teknis dihadiri oleh Penyuluh Suku Dinas KPKP wilayah DKI Jakarta, Penyuluh Swadaya, Peneliti dan Penyuluh BPTP Jakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018, bertempat di Ruang Rapat BPTP Jakarta.

Acara dibuka oleh Kepala BPTP Jakarta, Ir. Etty Herawati, M.Si., dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa media audio visual merupakan salah satu media penyebaran informasi teknologi pertanian. Dengan demikian para penyuluh juga harus membekali diri dengan ilmu tentang bagaimana membuat media informasi berbasis audio visual yang menarik.

Wahyu Indarto memaparkan bahwa penyuluh harus mengikuti perubahan zaman yang berbasis gadget. Data menunjukkan pertumbuhan pengguna sosmed di Indonesia hampir dua kali lipat rata-rata dunia. Youtube menjadi platform sosmed yang paling aktif, sehingga video menjadi salah satu media diseminasi yang dapat diandalkan. Pembuatan video dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, selain praktis dan mudah, mampu menghasilkan video berkualitas HD, tersedia aplikasi untuk editing video, serta dapat segera diposting di media sosial.

Pemaparan tentang penyusunan media penyuluhan berbasis audio visual ini kemudian diikuti dengan praktek editing video menggunakan aplikasi Kinemaster, dan diskusi hasil video peserta.

Didi Setiabudi, (Penyuluh DKPKP) berharap ilmu dari pelatihan ini bisa diaplikasikan dan disebarkan kepada personil yang lain di lingkungan kerjanya, sehingga pelatihan tidak hanya untuk diri sendiri, mengingat peserta yang hadir umumnya adalah perwakilan setiap wilayah.