JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bandung -- Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Peraturan Pertanian (PPVTPP) mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Petugas Pendeskripsi Varietas Tanaman selama 5 hari di Lembang, Bandung. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 16-20 Juli 2018 bertempat di Stasiun Uji BUSS (Baru Unik Stabil Seragam) yang diikuti oleh pengawas benih dari BPSB seluruh Indonesia dan beberapa peneliti lingkup Balitbangtan.

Acara dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian, Syukur Iwantoro yang berpesan untuk semua peserta pelatihan khususnya untuk mendaftarkan sebanyak-banyaknya varietas lokal yang merupakan harta kekayaan negara Indonesia yang merupakan negara megabiodiversitas. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah sumber daya genetik lokal yang didaftarkan ke PPVTPP baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya.

Pada pelatihan ini diberikan materi karakterisasi baik untuk tanaman pangan, tanaman hortikultura ataupun tanaman perkebunan. Komposisi materi pada pelatihan ini lebih banyak praktek yaitu sebesar 70% dibandingkan materi teori yang hanya 30%. Dengan pembagian komposisi yang demikian diharapkan para peserta dapat lebih menguasai materi yang memang lebih banyak kegiatan di lapangan. Selain praktek untuk mengkarakterisasi tanaman peserta pelatihan juga diberikan teknik fotografi sehingga dalam mendeskripsikan varietas dapat didukung oleh visual yang jelas pula.