JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bogor – Kualitas suatu perpustakaan, tidak hanya dipengaruhi oleh kelengkapan koleksi, sarana dan prasarana saja, tetapi juga keterampilan pustakawannya dalam mengelola perpustakaan dan melayani pemustakanya. Salah satu unsur yang mempengaruhi keberhasilan layanan tersebut adalah kemampuan para pengelola dan pustakawan dalam berkomunikasi baik itu kepada pemustaka maupun koleganya.

Berkaitan dengan hal tersebut, BPTP Jakarta menugaskan pustakawan dan pengelola perpustakaanya untuk mengikuti Knowledge Sharing yang diselenggarakan oleh PUSTAKA di Museum Tanah pada Rabu (6/6/2018). Tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Komunikasi Efektif Bagi Pustakawan” dengan narasumber Dr. Firdanianty Pramono.

Menurut Firdanianty Pramono, terdapat enam hal yang dapat membangun komunikasi yang efektif, yaitu penghargaan, empati, dapat didengarkan/dimengerti, kejelasan, ketepatan, dan kerendahan hati. Lebih lanjut, dijelaskan komunikasi dapat dikatakan efektif jika antara pengirim pesan (komunikator) dan penerima pesan (komunikan) memiliki kesamaan persepsi atas pesan yang dikirimkan.

Kemampuan berkomunikasi pustakawan dan pengelola perpustakaan sangat berpengaruh dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan. Untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang semakin tinggi dan beraneka ragam, pustakawan sejatinya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pengetahuan yang mumpuni, serta kedewasaaan psikologis.