JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Info Aktual

Tanggerang -- Tangerang Selatan selain terkenal dengan anggreknya, kini anggurnya pun sedang banyak digandrungi para hobiis. Komunitas Anggur Tangerang Selatan (KAT) dibentuk dua tahun lalu untuk menyatukan dan menggerakkan para hobiis agar dapat saling bertukar informasi dalam rangka mengembangkan komoditas anggur di Tangerang Selatan. 
 
Pada Kamis, 13 Januari 2022, KAT memperingati Milad Kedua-nya di BPP Jombang, Kota Tangerang Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan, Drs. H. Benyamin Davnie dan Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc. Selain itu juga dihadiri oleh Komunitas Anggur dari Jakarta, Depok dan Bekasi.
 
BPTP Jakarta yang berfokus pada pengembangan pertanian perkotaan juga turut hadir dan menyimak dengan seksama terkait sharing teknologi yang digunakan dalam budidaya anggur. Saat ini anggur menjadi komoditas yang banyak diminati oleh para penggiat pertanian perkotaan. Hal ini selain karena anggur mempunyai nilai jual yang tinggi, jumlah permintaan yang banyak, peminat juga tertantang dalam melakukan budidaya dan pemeliharaannya. Diharapkan komunitas anggur ini terus berkembang dan varietas-varietas unggul hasil introduksinya dapat dilepas dan terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian (DP/FIN).
 

Jakarta, (13/01/2022) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta mendapatkan kunjungan koordinasi mengenai Pengembangan Kawasan Pertanian serta Inovasi Teknologi Pertanian Tepat Guna di Jakarta dari Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketiga anggota Dewan yang hadir disambut baik oleh perwakilan BPTP Jakarta dan diberikan penjelasan tentang teknologi pertanian yang dikembangkan dalam suatu pertanian perkotaan, diantaranya seperti Budidaya Tanaman Vertikal, Budidaya Tanaman Media Air (Hidroponik, Akuaponik, Aeroponik), Budidaya Tanaman di Rooftop, Microgreens, dan Foot Square Gardening.

Para anggota Dewan yang hadir sangat mengagumi keseluruhan teknologi yang dijelaskan karena secara tampilan disamping dapat memperindah ruang terbatas di perkotaan dan juga memenuhi kebutuhan akan sayuran sehat untuk keluarga dan masyarakat sekitar. Para anggota Dewan juga sempat berkeliling lingkungan kantor BPTP Jakarta untuk melihat secara langsung penerapan dari teknologi pertanian perkotaan yang disampaikan dan mendapatkan bahan-bahan publikasinya. “Semoga dapat dikembangkan di kota Kendari pak”. (DP)

Jakarta -- Produksi benih umbi bawang merah di DKI Jakarta sudah selesai dilaksanakan, hasil panen sebanyak 1.25 ton sudah melalui proses pengeringan dan penyimpanan untuk masa dormansinya sudah dilalui. Kegiatan selanjutnya adalah distribusi benih berdasarkan permintaan kebutuhan  di masyarakat. Sampai saat ini total benih yang sudah terdistribusi adalah sebanyak 288.45 kg ke Jakarta Barat, Utara, Selatan, Timur dan Kepulauan Seribu melalui mitra penyuluh di Sudin KPKP ke Poktan Binaan.

BPTP Jakarta masih menerima permintaan benih untuk diteruskan ke Poktan binaan. Salah satunya adalah Poktan di Taman Sari dan BPP Kembangan. Serah terima dilaksanakan di BPTP Jakarta pada hari ini Jum’at 24 Desember 2021., benih diterima langsung oleh Penyuluh Jakarta Barat Bapak Dede Sulaeman. BPP Kembangan mengajukan permintaan benih sebanyak 10 kg, dan Poktan di Taman Sari sebanyak 2 kg. Benih umbi bawang tersebut adalah varietas Kramat 1, Sembrani dan Pancasona. (NA)

Jakarta -- Perubahan iklim memang menjadi satu peristiwa alam yang tidak bisa dihindari. Di bidang pertanian, kita perlu melakukan beberapa mitigasi terkait peristiwa tersebut untuk keberlangsungan pertanaman dan tetap memenuhi ketahanan pangan khususnya di wilayah DKI Jakarta. Pada Rabu, 12 Januari 2022, Sinar Tani melaksanakan webinar terkait permasalahan perubahan iklim dengan tema "Urban Farming di Tengah Perubahan Iklim". Pada kesempatan baik ini, Kepala BPTP Jakarta Dr. Nurhayati, SP., MSi., mendapat kehormatan untuk menyampaikan materi tentang Teknologi Urbang Farming Menghadapi Perubahan Iklim. Selain itu juga menyampaikan penjelasan tentang aplikasi dan kerjasama urban farming dengan Poktan Garda Bintang Timur, yaitu pemanfaatan lahan tidur menjadi lahan produktif untuk budidaya tanaman pangan, hortikultura, hias dan peternakan.
 
Nara sumber lain adalah Kepala DKPKP DKI Jakarta Ir. Suharini Eliawati, MSi yang menyampaikan perkembangan kegiatan urban farming di wilayah Jakarta.  Selain itu dari PT East West Seed Indonesia Bapak Ridho Bilhaq sebagai Acting Business Development Manager yang menyampaikan kontribusi EWINDO pada urban farming di masyarakat. Webinar ini juga menghadirkan praktisi rooftop farming dari B-Farm Masjid Al Ma’rifah Jakarta Barat dan pengurus organisasi Ikatan Komunitas Hidroponik Jakarta (IKONIK), Bapak Irda Nur Izmi  yang menyampaikan succsess story tentang budidaya hidroponik dan aktivitas IKONIK menjadi wadah  serta fasilitator pemasaran produk hidroponik anggotanya. Penanggap webinar ini adalah Bapak Abdul Hamid Wakil Ketua Umum Asosiasi Perbenihan Indonesia (Asbenindo) yang mencermati materi yang disampaikan oleh para Nara Sumber. 
 
Kepala BPTP Jakarta berharap agar Webinar ini memberikan dampak positif kepada peserta untuk lebih menggiatkan kegiatan urban farming di DKI Jakarta khususnya dan wilayah masing-masing pada umumnya. Selain itu juga berharap agar terjadi peningkatan kerja sama BPTP Jakarta dengan berbagai pihak, pengembangan dan adopsi teknologi urban farming (DP/NOV)
Jakarta -- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta menutup kegiatan pendampingan dan diseminasi TA. 2021 dengan menyelenggarakan Seminar Hasil Kegiatan TA. 2021 pada Jumat, 24 Desember 2021 yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 2, Kantor BPTP Jakarta. Seminar diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan capaian hasil kegiatan pendampingan dan diseminasi BPTP Jakarta TA. 2021 kepada stakeholder meski masih dalam kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Dampak dari pandemi Covid-19 tidak menyurutkan pelaksanaan kegiatan Pendampingan dan Diseminasi Teknologi Inovasi Badan Litbang Pertanian. BPTP Jakarta masih terus hadir mendampingi kegiatan pertanian yang ada di wilayah DKI Jakarta, diantaranya melalui beberapa kegiatan antara lain Optimalisasi Pemanfaatan Ruang Perkotaan Mendukung Pengembangan Urban Farming Berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta; Pengelolaan Sumber Daya Genetik di DKI Jakarta; Pendampingan Pengembangan Komoditas Utama Kementerian Pertanian; Perbanyakan Benih Bawang Merah di DKI Jakarta; Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di BPTP Jakarta; dan Pendampingan Kegiatan SIKOMANDAN di DKI Jakarta. 
 
Seminar Hasil Kegiatan TA 2021 dibuka oleh Kepala BPTP Jakarta, Dr. Nurhayati, SP., M.Si. Dalam sambutannya, Kepala Balai berharap dukungan serta peran penyuluh di wilayah dalam membantu keberlanjutan kegiatan pendampingan dan diseminasi di wilayah DKI Jakarta yang dinilai mempunyai peran yang sangat penting. Seminar dihadiri oleh Peneliti & Penyuluh BPTP Jakarta, Anggota tim kegiatan dan Perwakilan dari Dinas dan Sudin KPKP Provinsi DKI Jakarta di lima wilayah Kotamadya yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat serta penyuluh wilayah Provinsi DKI Jakarta.
 
Dengan terselenggaranya Seminar Hasil Kegiatan BPTP Jakarta TA. 2021, diharapkan BPTP Jakarta mendapat umpan balik, saran serta masukan agar kegiatan BPTP Jakarta ke depan menjadi lebih baik, bermanfaat dan berkelanjutan. (SS)